Menuliskan Fakta bagi Orang Lapangan

Para profesional sering memberikan identitas dirinya sebagai orang lapangan dan back office. Di dalam pernyataan tersebut, profesional yang menyebut dirinya orang lapangan menegaskan bahwa tulis-menulis sebagai bagian dari laporan atau apapun bukan bagian dari identitasnya dan seharusnya tidak dilakukan.

BENARKAH??

Fenomena ini umum ditemui penulis sebagai auditor manajemen dan mengganggap pelaporan tertulis (baca hardcopy dan softcopy) merupakan gangguan. Masalah ini dapat dilihat dari sudut pandang lain (manajemen), bagaimana saya tahu sebagai manajemen kalau anda sudah melakukan semua tugas-tugas dan seberapa baik? Jawaban terhadap pertanyaan ini tentunya adalah laporan tertulis melengkapi hasil pekerjaan riil di lapangan tersebut. Mesin sudah beroperasi kembali, pipa aliran gas sudah terpasang di dalam laut, stock opname telah dilakukan dengan lengkap. Suatu hal yang mustahil jika manajemen harus menyaksikan secara fisik atau pemborosan jika setiap menambah karyawan untuk memverifikasi hal tersebut.

Kebutuhan untuk penulisan lain adalah jika di masa depan terjadi masalah atau ada kegiatan yang merujuk pada kegiatan yang sudah berlangsung dibutuhkan rincian hasil pekerjaan yang sudah selesai tersebut.

Satu ilustrasi yang sering ditemui adalah bagian pemeliharaan (yang mendeklarasikan sebagai orang lapangan) tidak menuliskan hasil akhir apakah suatu alat ukur masih baik, perlu diperbaiki atau sudah rusak. Insinyur Instrumentasi ini telah melakukan kalibrasi seluruh alat ukur di pabrik yang berjumlah ratusan buah, menyimpan catatan kalibrasi dari pihak eksternal maupun internal dan menyimpannya. Ketika ditanyakan bagaimana dengan kesimpulan dari ratusan kalibrasi yang telah dilakukan tersebut. ‘Kami tidak menuliskannya’. Walaupun dapat dikatakan bahwa print out kalibrasi tersebut belum DIEVALUASI (bukan hanya masalah tulis menulis). Banyak ditemukan bahwa kondisi-kondisi alat yang telah dikalibrasi sebenarnya sudah membutuhkan perbaikan atau bahkan perlu diganti. Contoh ini memberikan paling sedikit dua penilaian: apakah karyawan tersebut MALAS MENULIS atau TIDAK MELAKUKAN EVALUASI AKHIR yang merupakan tujuan utama dari kalibrasi.

Jelas, bahwa untuk mendapatkan fakta dan mengukur kinerja suatu kegiatan perlu bukti tertulis. Yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah seberapa banyak bagi orang-orang lapangan ini?

3 Responses to Menuliskan Fakta bagi Orang Lapangan

  1. Angin Sumilir says:

    Pernyataan anda:
    Para profesional sering memberikan identitas dirinya sebagai orang lapangan dan back office. Di dalam pernyataan tersebut, profesional yang menyebut dirinya orang lapangan menegaskan bahwa tulis-menulis sebagai bagian dari laporan atau apapun bukan bagian dari identitasnya dan seharusnya tidak dilakukan.

    Pernyataan saya:
    Itu definisi semaunya sendiri dan hanya mencari benarnya sendiri untuk menutupi kesalahan yang seharusnya tidak terjadi ( Dipek Menange Dewe). Tapi bukankah itu sudah biasa dilakukan oleh mayoritas orang lapangan di negri kita ini? jadi menurut saya dia bukan orang lapangan yang profesional, tapi orang lapangan yang masih amatiran tapi mengaku profesional. 😀 😀 😀
    History suatu alat adalah sangat penting untuk ditulis atau dibukukan. Karena berdasar data tersebut kita bisa memprediksi masalah-masalah yang akan timbul dikemudian hari. Dan bila ada kerusakan yang sama kita tidak akan direpotkan lagi mencari sumber masalahnya.

    pertanyaannya adalah: Sadarkah para orang lapangan tersebut bahwa, menuliskan sejarah dari alat akan berdampak meringankan kerja mereka sendiri dikemudian hari? Bila mereka sadar, maka mereka akan menulis dengan senang hati. Bila tidak sadar, maka akan dianggap suatu beban oleh mereka. Dengan dalih saya orang lapangan, kok disuruh nulis laporan ini dan itu? 😀 :mrgreen: 😀

  2. Lela says:

    pertanyaannya adalah: Sadarkah para orang lapangan tersebut bahwa, menuliskan sejarah dari alat akan berdampak meringankan kerja mereka sendiri dikemudian hari? Bila mereka sadar, maka mereka akan menulis dengan senang hati. Bila tidak sadar, maka akan dianggap suatu beban oleh mereka. Dengan dalih saya orang lapangan, kok disuruh nulis laporan ini dan itu?
    +1

  3. […] Walton Raiders JV vs Alpharetta Raiders Volunteer Sign-up Form […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *