Revisi ISO 14001

ISO pada saat ini sedang merevisi standar ISO 14001 yang merupakan standar sistem manajemen lingkungan paling banyak diterapkan. Jumlah perusahaan yang memiliki sertifikasi adalah 250.000 di 155 negara. Revisi standar diharapkan selesai pada tahun 2015 dimana versi baru memberikan organisasi dasar-dasar untuk mengelola tantangan dan kesempatan saat ini dan masa depan. Namun demikian, revisi juga perlu memastikan bahwa standar dapat digunakan oleh industri skala kecil dan menengah.

Perusahaan perlu mengintegrasikan lingkungan kedalam arahan strategik untuk mengenali dan menanggapi secara proaktif resiko-resiko dan kesempatan-kesempatan yang muncul dari pelanggan yang meningkat dan harapan para pemangku kepentingan, dampak lingkungan mereka sendiri, dan dan hal-hal terkait dengan rantai pasokan (supply chain) dan potensi dampak lingkungan pada bisnis-bisnis mereka. Jumlah industri menengah kecil yang meningkat jumlahnya dapat menggunakan standar baru berdasarkan struktur ISO baru, kejelasan dan kemudahan bahasa dalam persyaratan-persyaratannya.

Agenda umumnya: November 2011 (ISO setuju untuk merevisi ISO 14001), Februari 2012 (Pertemuan pertama Working Group), Juni 2012 (Pertemuan kedua Working Group), Tengah Tahun 2013 (Konsultasi draf revisi), Akhir 2013 (konsultasi publik), pertengahan 2014 (penetapan akhir), dan awal 2015 (penerbitan standar baru)

 

(Sumber, the environmentalis, IEMA, Juni 2012)

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *